Rabu, 11 Februari 2015

MANFAAT KEPOMPONG ULAT SUTRA

HAYY...  SEPERTI YANG KAMI JANJIKAN PADA POSTING SEBELUMNYA, SEKARANG KAMI AKAN MEMBAHAS SEDIKIT TENTANG MANFAAT KEPOMPONG DARI ULAT SUTRA.. :)

Pohon murbei merupakan tempat hidup ulat sutera. Ulat sutra hidup di pohon murbei karena daun murbei merupakan makanan dari ulat sutera. Pohon murbei ini bisa tumbuh pada semua jenis tanah. Namun, ulat sutra lebih cocok dikembangbiakan di tempat yang beriklim sejuk. 
            Ulat sutera memiliki serat yang beranekaragam. Warna serat yang dihasikan ulat sutera ada yang berwarna putih, coklat muda, kuning dan kecoklatan.  
            Biasanya kualitas dan warna serat sutra yang dihasilkan tergantung dari jenis ulat sutera dan makanannya. Hanya ulat sutra yang memakan daun murbei sajalah yang menghasilkan kepompong yang memiliki serat yang tipis dan mengilap. Selain itu, kepompong ini akan menghasilkan kain yang  halus, lembut, dan mudah menyerap keringat.
            Proses pembuatan kain sutra yang sangat panjang dan rumit, membuat harga kain sutera menjadi sangat mahal. Cara pemeliharaan kain suterapun cukup rumit. Biasanya satu induk ulat sutra dapat  menghasilkan 500 telur. Telur-telur ini akan menetas menjadi larva ulat setelah 20 hari. Larva-larva ulat ini sangat rakus karena mereka memakan daun murbei sepanjang hari. Larva ini  akan terus membesar hingga larva tersebut berubah menjadi kepompong. Dari kepompong inilah benang sutera berasal. Sebelum berubah menjadi kupu-kupu, kepompong direbus agar larva ulat di dalamnya mati. Lalu  serat yang ada di kepompong kemudian diuraikan menjadi serat sutra yang sangat halus. Serat pun harus dipintal.
Satu kepompong bisa menghasilkan serat sutera tipis dan bening. Ternyata kepompong ini sangat bermanfaat sekali bagi kita, faktanya kokon (Kepompong) yang dihasilkan ulat sutera ini telah digunakan sebagai spa untuk menghaluskan kulit dan sebagai alat kecantikan, bisa juga digunakan untuk totok herbal, masker aromaterapi, dan bahan herbal lainnya.             
           Dengan menggunakan herbal dari kepompong sutra ini, bisa meringankan nyeri otot, pegal linu, masuk angin, tegang otot, memperlancar peredaran darah, merelakskan otot-otot wajah, membantu mengatasi garis kerutan. Karena memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan, kokon ulat sutera ini mulai di jual sebagai bahan untuk perawatan kecantikan.
Dan juga, kokon bisa mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati dengan sangat lembut, sehingga setelah perawatan, kulit tampak lebih cerah. Namun, kokon untuk perawatan kecantikan dan kesehatan ini hanya dapat digunakan satu kali. Berdasarkan hasil penelitian, kandungan protein dari kepompong ulat sutera lebih tinggi daripada ikan, daging sapi, dan kacang-kacangan. Kokon ulat sutra juga memiliki kandungan asam amino, natrium, kalium, kalsium, maka tak heran kokon ulat sutera ini banyak digemari untuk dikonsusmsi.
            Sebagian orang hanya mengetahui ulat sutera sebagai penghasil benang sutera. Namun, bukan hanya penghasil benang sutera, hewan kecil ini juga memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita. Itulah beberapa ulasan dari manfaat kepompong ulat sutra. J jangan lupa untuk banyak membaca buku agar bertambah pengetahuanmu kawaaaaaann.. J

Terima Kasih

2 komentar:

  1. saya tertarik untuk membudidayakan ulat sutra.mohon info untuk mendapatkan bibit.trims ibu Ari +6281288978044

    BalasHapus
  2. saya tertarik untuk membudidayakan ulat sutra.mohon info untuk mendapatkan bibit.trims ibu Ari +6281288978044

    BalasHapus