Jumat, 06 Februari 2015

ULAT SUTRA DAN MANFAATNYA



Ternyata, ulat sutra juga mempunyai manfaat bagi kita lho... yuk, kita langsung bahas aja!!.. J

Ulat sutra dapat dimanfaatkan sebagai obat medis  salah satunya adalah...

Ulat sutera yang digunakan untuk pengobatan tradisional di China, yaitu "Bombyx batryticatus" atau "ulat sutera kaku". Ia adalah larva kering 4–5 th yang mati akibat penyakit muskadin putih disebabkan oleh jamur Beauveria bassiana, dimanfaatkan untuk mengobati masuk angin, mencairkan dahak dan meringankan kejang-kejang.

Makanan

Ulat sutera dikonsumsi di sejumlah kebudayaan. Di Korea, ulat sutra direbus serta dibumbui, makanan ini merupakan makanan ringan yang populer dan dikenal sebagai beondegi. Di China, sejumlah pedagang jalanan menjual ulat sutera yang dipanggang.

Wah, ulat sutra pun ternyata dapat membuat benang sutra juga lho.. hebat bukan?! Yuk kita baca, bagaimana proses pembuatan sutra! J
Proses Pembuatan Sutra
Sutra dihasilkan dari kepompong ulat sutra. Ulat sutra menghasilkan kepompong yang dapat dipintal menjadi serat sutra.
Induk sutra dapat menelurkan hingga 500 butir telur ulat sutra seukuran kepala jarum pentul. Setelah sekitar 20 hari, telur tersebut menetas menjadi larva ulat yang sangat kecil. Larva ulat ini akan memakan daun murbei. Sekitar 18 hari kemudian,
larva ulat tersebut akan membesar hingga beratnya mencapai 10.000 kali berat semula. Pada saat itu ulat sutra akan berwarna kekuningan dan lebih padat. Itulah tanda ulat sutra akan mulai membungkus dirinya dengan kepompong.
Setelah ulat menjadi kepompong,
kepompong tersebut direbus, agar larva ulat di dalamnya mati. Karena jika dibiarkan, ulat akan matang lalu menggigiti kepompongnya sehingga tidak bisa digunakan lagi. Setelah ulat mati, serat di kepompong dapat diuraikan menjadi serat sutra.
Satu buah kepompong sutra dapat menghasilkan untaian serat sepanjang 300-900 meter. Kemudian serat sutra yang halus tersebut dipintal. Serat sutra dipintal dengan proses yang menyerupai proses pada saat ulat sutra memintal kepompongnya. Proses itulah yang dibuat menjadi alat pemintalan serat sutra untuk dibuat menjadi kain sutra yang indah. Bahan kain dari sutra inilah yang kemudian dibuat menjadi berbagai produk pakaian maupun produk lainnya. Beberapa batik yang terkenal di Indonesia juga menggunakan bahan dari sutra.
Sedangkan pengertian ulat sutra sendiri adalah, ngengat yang bisa disebut sebagai penghasil serat/benang sutra. Makanan ulat sutra hanyalah daun murbei.
Ulat sutra sangat rakus, makan sepanjang siang dan malam sehingga tumbuh dengan cepat. Apabila warna kepalanya sudah menjadi semakin gelap, ulat sutra akan segera berganti kulit/cangkang. Hingga ulat sutra itu siap untuk membuat kepompong.
SELESAI


#Lihat posting selanjutnya di “Manfaat Kepompong Ulat Sutra” sampai jumpa J.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar